|

Kepala BPS Canangkan Desa Cinta Statistik Di Kabupaten Pangkep

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Margo Yuwono mengadakan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, 11-14 Mei 2022. Didampingi Deputi Statistik Produksi, M Habibullah, Direktur Statistik Tanaman Pangan, hortikultura dan perkebunan, Kadarmanto, Kepala BPS RI melakukan pencanangan Desa Cantik (Cinta Statistik) di Rujab Bupati Pangkep, Kamis (12/5), dilanjutkan dengan supervisi pelaksanaan gladi bersih I Sensus Pertanian 2023.

Desa Cantik adalah program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup Desa, Kelurahan, Nagari, dan yang setingkat, untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran. Tujuannya agar perangkat desa lebih paham statistik dan melahirkan komunitas cinta statistik di desa, sehingga desa dapat bertransformasi menjadi subjek pembangunan.

Terkait kunjungan desa cinta statistik(cantik). Desa cantik lanjut Margo, adalah program BPS untuk melakukan pembinaan kepada aparat desa agar pemahaman tentang statistik semakin baik. “Kalau pemahaman statistiknya semakin baik, aparat desa bisa gunakan data-data itu membangun desanya,” katanya.

Desa Cantik ini merupakan program nasional, tahun ini seluruh kabupaten/kota diwajibkan ada satu desa atau kelurahan untuk dilakukan pembinaan.

“Saya mencanangkan satu desa disini, untuk pelaksanaan desa cantik,” imbuhnya. Di Kabupaten Pangkep, desa cantik dicanangkan di desa Taraweang, Kecamatan Labakkang. Kepala desa Taraweang, Amiruddin menjelaskan, dicanangkan sebagai desa cantik pihaknya akan melaksanakan sejumlah pendataan. Pendataan yang akan dilakukan terkait stunting, kemiskinan, kepuasan masyarakat, jumlah penduduk dan SDGs.

Sementara Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menuturkan, jika penggunaan data yang akurat sangat dibutuhkan untuk bisa merencanakan program. “Dengan data, kita bisa merencanakan pembangunan daerah dan menentukan kebijakan apa yang seharusnya daerah lakukan,” katanya.

 

 

 

 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *